Postingan

JURNALISTIK RADIO

Gambar
Sebuah Pengantar untuk Liputan Berita Radio Radio harus diubah dari alat distribusi menjadi sistem komunikasi. Radio menjadi alat komunikasi kehidupan masyarakat yang paling  besar yang dapat dipikirkan, sistem saluran yang besar. Artinya radio bertugas tak hanya mengirim/menyiarkan tetapi juga menerima. Ini mengundang implikasi bahwa radio akan membuat pendengar tak hanya mendengar tapi juga berbicara dan tidak membuat pendengar terisolasi tetapi menghubungkannya dengan proses perubahan negara dan masyarakat.   (Bertolt Brecht, 1932) Hampir setiap penyelenggaraan pelatihan, kursus, lokakarya sampai workshop yang mengambil tema jurnalistik radio, pembicara akan menyelipkan cerita heroik Radio Veritas yang berjasa besar dalam menggerakkan rakyat Filipina menumbangkan rezim Ferdinand Marcos dalam people’s power. Wajar, mengingat Radio Veritas  menjadi contoh yang dapat mewakili sisi jurnalistik sebuah radio. Tentu bila kita percaya bahwa ketika radi...

TEKNIK MENGARSIPKAN SIARAN RADIO (DIGITAL RADIO LOGGER)

Gambar
SALAM RADIO! ... Bagi anda pegiat dunia penyiaran radio, sudah pasti pengarsipan rekaman siaran radio setiap hari menjadi perhatian penting. Karena dengan kita mengarsipkan rekaman siaran radio kita dengan manajemen data yang baik akan memberikan efek manfaat luar biasa bagi radio kita. Manfaat arsip rekaman siaran radio banyak sekali antara lain : Materi Evaluasi (Dengan adanya "Radio Logger" sangat membantu sebagai salah satu sumber informasi bagi seluruh level manajemen baik itu "Marketing Manager ", "Program Manager ", "HRD",  "Station Manager", dsb ... dalam melakukan evaluasi, agar kedepan dapat merumuskan startegi yang tepat ) Bukti Siar Radio (Sebagai bukti siar sekaligus menjaga kepercayaan client terhadap radio kita) Data/Arsip Radio Materi Riset Radio Content Podcast (Content siaran radio yang kita rekam setelah melalui tahap editing akan menjadi content yang menarik dan dapat dinikmati o...

Radio 2.0 is NOW!

Gambar
Facebook, nama yang tidak asing lagi. Di awal mengenal situs jejaring sosial ini sekitar 2 hingga 3 tahun lalu, Facebook masih beranggotakan mereka dari kalangan usia dewasa muda sekitar usia 20an tahun keatas. Sedangkan mereka yang dari kalangan remaja, masih bermain di Friendster. Seiring dengan waktu, jumlah anggota Facebook semakin bertambah banyak dan pasarnya pun semakin luas, mulai dari anak SD hingga kakek-nenek, mulai dari penjual koran hingga pemilik perusahaan besar. Perkembangan ini didukung dengan semakin mudah dan semakin murahnya akses internet, membanjirnya handphone murah buatan China dan tentunya promosi gencar dari hampir semua operator selular yang memasukkan feature facebook sebagai salah satu nilai jual dalam program bundling yang mereka tawarkan. Banyak orang tertarik dengan Facebook, karena Facebook berhasil menyatukan beragam fasilitas yang sebelumnya disajikan oleh sarana dan situs yang berbeda. Mengirim message yang sebelumnya biasa d...

Membuat streaming radio menggunakan cpanel listen2myradio.com

Gambar
Sahabat Anda berpikir bahwa membuat sebuah Streaming Radio sangat dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit,namun jangan khawatir saya akan menjelaskan Tutorial Streaming radio yang Insya Allah mudah dan mudah dipahami,bukan itu saja Server yang dijadikan Hosting itu didapatkan dengan FREE dari www.shoutcast.com dan www.listen2myradio.com membuat sebuah program untuk tempat url alamat streamingnya di komputer atau yang disebut DSP Plug-in di winampnya,cara membuatnya tinggal download kemudian menginstallnya ke komputer kita baiklah untuk lebih jelasnya akan saya kasih langkah2nya : 1.Kalau komputer kita belum ada winampnya silahkan donwload dulu ini alamatnya :www.winamp.com/player/ 2.Setelah kita udah memilki winamp yang udah terinstall di komputer kita ,kemudian kita download SHOUTcast Radio DSP plug-in untuk winamp ini alamat downloadnya http://yp.shoutcast.com/downloads/shoutcast-dsp-1-9-0-windows.exe kemudian install 3.Setelah terinstall plug-innya kemudian buka...

WAWANCARA RADIO

Gambar
Pengalaman diwawancara oleh wartawan atau produser radio berbeda ‘rasanya’ dengan wawancara oleh media cetak atau bahkan televisi. Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan agar apa yang anda sampaikan benar-benar maksimal dan anda akan nampak sebagai seorang nara sumber yang profesional. Mungkin beberapa tips ini bisa membantu. JENIS WAWANCARA RADIO : Wawancara radio biasanya dilakukan melalui cara-cara: 1. LIVE ATAU SIARAN LANGSUNG , baik dengan mengundang anda ke stasiun radio yang bersangkutan atau melalui telepon. a. Wawancara Di Studio Jika wawancara dilakukan di studio, pewawancara biasanya akan memberikan anda beberapa pengarahan tentang apa yang harus anda lakukan. Kalaupun tidak, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, seperti: Mikrofon: Pastikan jarak antara mulut dengan mikrofon tidak terlalu dekat tapi tidak terlalu jauh. Jarak ideal antara mulut dengan mikrofon adalah satu kepalan tangan. Pastikan pula anda tidak banyak berge...

PERBEDAAN WAWANCARA DI RADIO DENGAN MEDIA LAIN

Gambar
1. Suara/Audio Perbedaan paling utama tentu saja adalah adanya unsur suara atau audio. Sudah pasti dalam wawancara radio suara anda akan muncul. Dalam wawancara dengan media cetak, suara anda akan di rubah dalam bentuk tulisan sehingga masih memungkinkan adanya perbaikan dalam hal  tata bahasa atau jika ada pendapat anda yang bisa disalah tafsirkan. Wartawan yang baik tentu akan menghubungi anda untuk konfirmasi ulang dan dengan mudah perubahan itu bisa dituliskannya. Tapi di radio ini berarti anda harus merekamkan kembali merekam ulang dan itu tentu perlu waktu. Karena itulah kontrol suara sangat penting saat melakukan wawancara radio, tapi tujuannya bukan supaya suara anda jadi bagus sebagus suara Pak Sambas (alm), tapi lebih kepada agar apa yang anda sampaikan itu terdengar jelas, baik dari segi artikulasi, penyebutan maupun volume suara. Jika suara yang terdengar terlalu besar, menjauhlah dari mikrofon dan sebaliknya. ‘Penyakit’ lain yang juga sering muncul be...

IKLAN RADIO

Gambar
Dari masa ke masa, peranan radio selalu penting. Bermunculannya berbagai media elektronik, termasuk maraknya Internet pun, tidak menenggelamkan radio sebagai salah satu media pilihan konsumen. Karenanya, iklan di radio tetap perlu untuk dipertimbangkan dalam integrated marketing communication (IMC) sebuah brand campaign. Pada pagi hari dan sore hari dimana sebagian masyarakat terjebak kemacetan lalu lintas, radio di mobil menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Breaking news dan obrolan santai dari para penyiar radio mengurangi stress yang dirasakan sepanjang perjalanan. Sulit bagi media lain untuk mendapatkan coverage setinggi radio pada jam-jam kemacetan lalu lintas ini. Disamping teve lokal yang sekarang sudah mulai menjamur, radio merupakan pilihan yang tepat untuk menjangkau konsumen di daerah tertentu, termasuk di pedalaman. Dengan memilih tipe program dan segmen radio yang sesuai, pengiklan bisa lebih fokus untuk mengekspose brandnya...