TEKNIK MENGARSIPKAN SIARAN RADIO (DIGITAL RADIO LOGGER)

TEKNIK MENGARSIPKAN SIARAN RADIO (DIGITAL RADIO LOGGER)

SALAM RADIO!... Bagi anda pegiat dunia penyiaran radio, sudah pasti pengarsipan rekaman siaran radio setiap hari menjadi perhatian penting. Karena dengan kita mengarsipkan rekaman siaran radio kita dengan manajemen data yang baik akan memberikan efek manfaat luar biasa bagi radio kita.

Manfaat arsip rekaman siaran radio banyak sekali antara lain :
  • Materi Evaluasi (Dengan adanya "Radio Logger" sangat membantu sebagai salah satu sumber informasi bagi seluruh level manajemen baik itu "Marketing Manager ", "Program Manager ", "HRD",  "Station Manager", dsb ... dalam melakukan evaluasi, agar kedepan dapat merumuskan startegi yang tepat )
  • Bukti Siar Radio (Sebagai bukti siar sekaligus menjaga kepercayaan client terhadap radio kita)
  • Data/Arsip Radio
  • Materi Riset Radio
  • Content Podcast (Content siaran radio yang kita rekam setelah melalui tahap editing akan menjadi content yang menarik dan dapat dinikmati oleh listener kita secara offline melalui teknologi internet dengan website sebagai interfacenya dan dapat diakses secara mudah baik melalui komputer desktop, laptop, handphone dll)
  • dsb

Dari manfaat tersebut tentunya sangat disayangkan apabila content siaran radio kita hilang percuma tanpa arsip yang baik. Kendala dilapangan banyak rekan-rekan pegiat radio terbentur dengan dana yang terbatas atau kendala teknis dll sehingga pentingnya "Radio Logger" menjadi tidak diperhatikan.

Solusi saatnya anda coba software FREEWARE yang punya kemampuan sangat handal yang dapat kita pergunakan sebagai RADIO LOGGER yakni software JETAUDIO versi 5.1.7 namun apabila rekan-rekan punya dana cukup silahka coba JETAUDIO versi FULL atau All Sound Recorder VISTA - [www.mp3do.com/soundrecordervista.html]


JETAUDIO [jetaudio.com]
JetAudio saat ini per 8 Juli 2010 sudah release sampai versi jetAudio 8.0.7 Basic yang bisa anda download secara gratis langsung di http://www.jetaudio.com/download namun untuk kepentingan RADIO LOGGER kita diatas, JETAUDIO versi 5.1.7 sudah cukup memadai untuk kita gunakan dengan pertimbangan :

Pertimbangan pertama selain ukuran file program lebih kecil, memory yang digunakan juga kecil, dan specification komputer untuk JETAUDIO versi 5.1.7 tidak menguras isi dompet ;
    * Pentium 800 MHz or faster CPU
    * 256MB of RAM (512MB or more Recommended)
    * 40 MB of free hard disk space (or more Recommended)
    * Operating system : Windows 98/Me/2000/XP/Vista
    * Good Soundcard, speakers or headphones
    * Microphone (Optional)    Internet Connection (Optional)
    * DirectX 8 or higher version

Pertimbangan kedua dalam versi-versi terakhir JETAUDIO versi FREE tidak include MP3/mp3PRO encoding Pack [untuk fungsi full anda harus mengeluarkan dana $29.00 untuk jetAudio 8.0.7 Plus VX] sedangkan JETAUDIO versi 5.1.7 versi terdahulu sudah include MP3/mp3PRO encoding Pack ini sangat berguna untuk mengconvert ukuran audio lebih kecil sehingga kita bisa efisiensi Ruang Data (Harddisk).

Pertimbangan ketiga mudah dalam menggunakan & memahaminya (User Friendly)

LINK DOWNLOAD JETAUDIO versi 5.1.7 >> [download]

1. Download & Install program selanjutnya running program Start*Program*JetAudio
2. Klik menu RECORDING

alt


3. Setting semua form yang dikotak merah seperti petunjuk gambar dibawah ini

NOTE : khusus untuk source audio wajib menggunakan channel line in pada soundcard dan sedapat mungkin berasal dari source output yang berkualitas baik sehingga hasil rekaman bagus.

alt


4. Untuk menjalankan perintah recording (rekam) klik tombol START apabila hendak berhenti sejenak cukup klik tombol PAUSE dan apabila rekaman selesai klik tombol STOP, maka secara otomatis file rekaman siaran radio kita sudah berada di folder yang sudah kita tentukan dengan pelabelan nama yang unik [sangat simple].

NOTE : Bagi rekan-rekan radio yang ingin lebih efisiensi dalam sumberdaya computer dapat menggunakan computer yang disetting multi fungsi, selain untuk Computer Rekaman Siaran Radio dapat juga sebagai computer announcer baca SMS, YM  Radio (untuk YM jangan lupa untuk me-nonaktifkan fungsi mic & sound karena bila tidak maka setting recording/input akan mengikuti defaul setting YM yaitu microphone bukan LineIn atau bisa menggunakan double soundcard untuk YM setting di soundcard 2 untuk rekaman JETAUDIO pakai LineIn soundcard 1), FB Radio, Twitter Radio, Akses Internet untuk Info Update sekaligus ... silahkan dicoba yang pasti spesifikasi computer wajib bagus tentunya, PERHATIAN UTILITY DIATAS TIDAK BOLEH DIGABUNG DENGAN COMPUTER ONAIR (RADIO PLAYER) BAHAYA kasihan computernyata nanti bisa crash/hang :) !!!....


alt

NOTE :
Saat ini sudah direlease jetCast DSP plugin for Winamp yang dapat digunakan untuk kepentingan streaming radio silahkan anda mencobanya... GOOD LUCK!

[FREEWARE] jetCast DSP plugin for Winamp >> [download] or [mirror]
jetCast DSP plugin for Winamp
http://www.jetaudio.com/download/jetcast.html
  • SHOUTCast yp registration support
  • SHOUTCast server listener information support
  • MP3 (MP3 Pro) / WMA / OGG Vorbis support
  • Private broadcast (for MP3/OGG format ), Listeners who don't know the password can't connect to the station
  • Changeable Metadata string format, Users can change metadata format as they want
  • Improved microphone input support
  • Station Homepage supports & XML status reporting (for MP3/OGG format)
  • Supports external servers ( jetCast Server, SHOUTCast server, Icecast v1, Icecast v2 supports ), You can expand your broadcasting up to 5 servers.

alt

ditulis oleh  AwanAlbana [FDR027~MPR230]


 Baca juga : Program Rekaman untuk merekam semua aktivitas siaran KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...