JANGAN MENGIKUTI EMOSI SESAAT

Jangan Biarkan Emosi Sesaat Menentukan Keputusan Jangka Panjang.

Dalam kehidupan sehari-hari kita terkadang sering membuat keputusan hanya didasarkan pada pertimbangan emosi sesaat. Kita tidak pernah memikirkan tentang untung-rugi serta dampak dari keputusan yang kita buat tersebut, hingga saat kita tersadar ternyata semuanya sudah sangat terlambat dan keputusan itu sama sekali tidak mendatangkan manfaat kepada kita.

Belajar dari pengalaman tersebut, ketika kita hendak menyelesaikan suatu perkara sebaiknya tidak melibatkan emosi dalam proses pengambilan keputusan. Emosi serta kemarahan tidak akan pernah mendatangkan sukacita, itu hanya akan membawa rasa sakit hati serta kekecewaan dalam diri seseorang. Karena itu, ketika sedang menghadapi masalah dan supaya masalah tersebut tidak semakin pelik sehingga bisa segera diselesaikan, maka lakukanlah beberapa hal berikut ini:

1. Selesaikan dengan kepala dingin

Ketika seseorang sedang menghadapi masalah dan berusaha menyelesaikannya dibutuhkan kemampuan pengendalian diri dan itu hanya bisa dilakukan bila yang bersangkutan mampu menyikapinya dengan kepala dingin.

2. Jangan mudah emosi

Masalah yang sedang dihadapi seringkali membuat seseorang merasa kesal, emosinya jadi tidak terkendali, sehingga tidak mampu lagi berpikir secara jernih. Perlu diketahui, bahwa proses pengambilan keputusan membutuhkan sebuah ketenangan, melalui ketenangan seseorang akan mampu untuk membedakan mana yang baik dan yang tidak.

3. Jangan pernah membesar-besarkan masalah

Jangalah pernah membesar-besarkan sebuah masalah, jangan pula mudah menghasut dan berkata tidak benar, sehingga masalah yang sedang dihadapi tidak semakin sulit untuk diselesaikan.

4. Bersikaplah jujur

Kejujuran adalah sesuatu yang sangat penting dan berharga, itu dapat menyelesaikan kebuntuan terhadap masalah yang sedang dihadapi.

5. Gunakan akal sehat kita

Jangan mudah percaya takhayul, jangan mudah berprasangka buruk, jangan pula mudah percaya perkataan orang sebelum kita menyelidiki sendiri serta melihat dengan kepala mata sendiri penyebab utama dari permasalahan yang sedang dihadapi.

6. Lakukan penyelidikan

Ketika tidak ada seorang pun yang bisa dipercaya, maka sebaiknya kita melakukan sendiri penyelidikan, melalui upaya ini kita bisa mengetahui siapa atau apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari munculnya permasalahan.

7. Jangan mudah menuduh

Jangan mudah menuduh seseorang bila belum mengetahui akar permasalahan sesungguhnya, karena dalam banyak kasus seseorang yang dituduh seringkali menjadi korban dari konspirasi jahat rekan-rekannya. Karena itu, jadilah bijaksana bila Anda adalah seorang pemimpin dan jadilah pemberi jalan keluar bagi setiap permasalahan yang sedang dihadapi oleh anak buah Anda.

8. Bersikaplah netral

Bersikaplah netral jangan memihak, jadilah penengah yang bijaksana serta terimalah kritik serta saran dari orang lain, sehingga tidak ada yang merasa dianaktirikan.

9. Jadilah rendah hati

Bila ternyata kita yang berbuat salah, maka jangan malu untuk mengakuinya, jangan malah mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahan. Jadilah rendah hati karena kerendahan hati tidak pernah sia-sia, itu akan membawa dampak yang jauh lebih besar ke dalam kehidupan seseorang.

10. Mintalah bimbingan Tuhan

Jangan mengandalkan kekuatan manusia ketika permasalahan menjadi semakin sulit, berdoalah untuk meminta bimbingan dari Tuhan supaya kita bisa mengatasi emosi kita, sehingga permasalahan yang sedang dihadapi bisa diselesaikan dengan baik.


Sumber : https://keluarga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...