NILAI BERITA

Setiap berita mempunyai nilai yg sangat  menentukan apakah sebuah berita dapat menarik minat pendengar serta memenuhi kebutuhan mereka.
Unsur-unsur dalam nilai berita :
  1. Terkini / baru / actual (time lines)
    1. Waktu
    2. Hal yang baru
  1. Kedekatan
    1. Secara geografis
Peristiwa yang terjadi di daerah, lingkungan atau yang berdekatan dengan lingkungan pendengar
    1. Secara psikografis (emosional)
Kedekatan pendengar akibat hubungan nasional yang bisa saja terjadi karena solidaritas, etnis, profesi, budaya, agama maupun minat yang sama
    1. Karena kepentingan
Pendengar memiliki kepentingan dengan berita yang kita informasikan. Misalnya kenaikan gaji untuk PNS akan menarik minat kalangan PNS untuk menyimak berita tersebut.

  1. Menarik
Terkait dengan masalah teknis yaitu :
    1. Ucapan
    2. Musik
    3. Sound Effect

  1. Menyentuh kemanusiaan, namun lebih ditekankan kemampuan untuk membangkitkan emosi pendengar. Misalnya saja peristiwa penggusuran rumah, dengan menampilkan suara nada sumber dengan suara yang bergetar menandakan kesedihan maka dapat membangkitkan emosi pendengar atau menggugah perasaan mereka

  1. Konflik (conflict)
Adanya konflik dalam berita dapat menarik perhatian pendengar meskipun mereka sama sekali belum mengerti permasalahan. Namun bukan berarti karena konflik tersebut menarik maka seorang reporter justeru menambah parah konflik atau memihak kesalah satu pihak melainkan netral dengan menampilkan keseimbangan dalam bertanya.

  1. Pengaruh (impact)
Berita yang memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap khalayak pendengar atau masyarakat. Misalnya keracunan air PDAM yang menimpa masyarakat di suatu daerah atau tentang SARA

  1. Keanehan (oddity)
Pendengar memiliki kecenderungan tertarik pada hal-hal yang tidak biasa atau keajaiban yang kadang tidak dapat diterima oleh logika manusia. Berita ini bisa menjadi berita yang sifatnya ringan tetapi bisa juga menjadi berita yang luar biasa. Misalnya pohon mangga yang berbuah duren.

  1. Penokohan (prominence)
Berita yang menampilkan tokoh besar atau terkenal, baik itu pendapat mereka, kelakuan mereka ataupun hal-hal tertentu yang terjadi pada mereka dapat menarik perhatian pendengar. Misalnya tokoh negara, selebritis, atau tokoh agama dan lain sebagainya, karena secara tidak langsung tokoh terkenal merupakan milik publik.

  1. Sensasional
Unsur ini juga terkait dengan human interest, menyangkut peristiwa yang dirasakan sebagai sesuatu yang spektakuler. Namun unsur sensasi ini bukan yang bersifat negatif dalam arti dibuat sedemikian rupa agar berita tersebut lebih hebat atau faktanya diputar balikkan oleh sang jurnalis karena hal ini  bertentangan dengan etika jurnalis.

  1. Penting
Unsur ini menyangkut kepentingan publik yaitu kepentingan yang luas dan sangat perlu diketahui oleh khalayak. Misalnya berita pemadaman air di kota Makassar sehingga masyarakat dapat mempersiapkan segala sesuatu  atau melakukan penampungan air sebelum pemadaman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...