TEHNIK SIARAN (BROADCASTING & REPORTING)

TEHNIK SIARAN (BROADCASTING & REPORTING)

RADIO
• Kotak suara yang merupakan media yang komunikatif, edukatif dan menghibur, yang hanya membutuhkan indera pendengaran sehingga dapat didengarkan dimana saja sambil melakukan aktifitas lain (berkendara, bekerja,dll). Ia ada dimana-mana, di setiap rumah, di sarana transportasi baik umum maupun pribadi, bahkan di dalam saku atau tas sekolah. Radio telah menjadi media terpopuler, termurah & terjangkau sejak thn 1920-an hingga kini.


Produk radio : HANYA SUARA
Karena itu seorang penyiar / broadcaster, harus memiliki keahlian :
• Kemahiran mengolah suara & bahasa
• Tehnik pengoperasian microfon
• Perencanaan dan penyajian acara
• Menata himpunan (kompilasi) acara
ALAT-ALAT PENYIAR
• SUARA : kontrol pernafasan, artikulasi harus jelas, proyeksi suara yg sesuai, nada tidak beragam,resonansi (tdk ada bunyi lengking, sengau atau bicara keras, jaga suara dari iritasi, rokok dll, perbanyak latihan untuk membantu pengontrolan suara
• TELINGA : dengar suara sendiri, rekam, simak bagian program yg penting, simak penyiar lain, dengar kritik membangun dari orang lain.
• MICROFON : ketahui ciri2 microfon.
BERBICARA DENGAN SEORANG TEMAN
• BERBICARA …..jangan membaca, jangan berkhotbah. Radio itu seperti mendongeng, percakapan, dari orang ke orang, pribadi ke pribadi.
• DENGAN…….bukan kepada mereka, atau seolah-2 di bawah atau bahkan di atas mereka. Awak siar radio musti seolah bercakap dengan orang yang sama cerdiknya.
• SEORANG……pendengar mungkin ribuan, tapi mereka mendengar siaran sendirian, dua org atau dalam kelompok kecil, jadi anda tidak perlu meninggikan suara atau berteriak, seolah ingin menjangkau orang di baris belakang.
• TEMAN……nada suara penyiar seharusnya ditampilkan dalam senyuman seperti kita memberi salam pada seorang yang kita sukai. Bayangkan wajah teman-2 kita seolah pada microfon dan bicaralah dengannya.
SEORANG PENYIAR SEHARUSNYA :
1. Perlakukan mikrofon sebagai “makhluk hidup”.
2. Segera mendeteksi kerusakan pada alat-alat siaran dan melaporkannya.
3. Catat ketidak-beresan pancaran siaran
4. Datang tepat waktu pada setiap pergatian tugas.
5. Jangan mengizinkan tamu masuk pada saat siaran.
6. Tidak meninggalkan studio siaran secara tiba-tiba.
7. Periksalah setiap naskah siaran yang akan dibaca kan, cek tanda baca dan latihlah kembali semua yang akan anda baca. Pastikan insert nya, bila ada.
8. Bila naskah yang akan di- siarkan diketahui salah, jangan disiarkan,benarkan dan carilah petunjuk.
9. Jangan minum alkohol 4 jam sebelum siaran dan tidak merokok dalam ruang siaran.
10. Pantau hasil acara siaran secara teratur.

MEMBACA NASKAH :
¨ CATAT :
Dalam sebuah program informasi, jika pendengar tidak mengerti APA YANG DIDENGARNYA, artinya anda membuang-buang waktu siaran dan juga NAFAS ANDA SENDIRI.
Beberapa hal yang dapat dilakukan :
• KERAMPAKAN / TEMPO :
Tuturkan secara lancar dalam tempo tuturan percakapan biasa. Untuk informasi yang penting, tuturkan lebih jelas dan lambat.
• PRODUKSI SUARA :
Suara penyiar harus memiliki otoritas ( authority ) dan meyakinkan ( confidence ).
• PELAFALAN :
Pelafalan mempunyai 2 bagian :
 ¨ Suara. Penggunaan bahasa asing dengan lafal yang tepat, misalnya : menace = menis ( Bhs. Inggris )
 ¨ Tekanan. Suku kata yang perlu diberi tekanan perlu ditandai, misalnya : lib`rary – autho’rity, dll
PENGGUNAAN SUARA :
Makna kata harus jelas, jangan menggunakan kata kata yang maknanya tidak anda ketahui.
Untuk siaran informasi / berita, gunakan suara dengan cara :
 ¨ Tuturkan ( talking ) :
cobalah menuturkan naskah dan tidak membacanya, hingga kita dapat menggunakan pola ujaran alamiah.
 ¨ Jedah nafas :
Kelompokkan kata sesuai makna, bukan berdasarkan kata-kata secara lepas. Hati-hati menentukan “jedah” pada kalimat panjang. Lakukan jedah nafas pada akhir satuan makna yang ditandai garis miring (/) dan jedah pada akhir kalimat dengan 2 garis (//).
Contoh :
“ Dalam membaca berita, jedah panjang penting dilakukan / pada akhir setiap kalimat. Jedah yang lebih panjang juga penting pada akhir setiap pokok pikiran. // Akhir pokok pikiran satu / harus dipisah secara sempurna / dari awal pokok pikiran berikutnya.// Jangan mengorbankan kesempurnaan pemisahan / pada kecepatan penyiaran bulletin berita.// Penghilangan atau pemendekan jedah antar butir itu / akan selalu merusak kejelasan isi / dan karenanya pembaca berita harus menghindarinya.// “
• BACALAH DULU
untuk menjaga kelancaran dalam bertutur, dan menghindari penyampaian yang tersendat.
G A Y A
Gaya bertutur adalah hal yang datang dari kepribadian anda, yang dapat tergambar dari suara anda. Jadilah diri sendiri tetapi dengan nada suara harus seperti ketika berbicara dengan seorang teman. Jangan menuturkan tragedi seperti seolah drama, atau lelucon dan komedi yang berlebihan.
Mengatasi Keadaan Krisis
• CONTOH KEADAAN KRISIS
• Kualitas siaran kurang bagus
• Pemutaran ulang rekaman
• Materi siaran terlambat
• Batuk yang tiba2 menyerang
• Acara yg digantikan oleh satu acara penting / istimewa
• JANGAN MENGATAKAN
• Teknisi kami mengirimkan sinyal buruk…..
• Penyiar lain pasti telah mengacaukan rekaman ini….
• Desk-editor kami tidak bekerja tepat waktu…..
• Maaf..atas batuk yang tiba2 ini,kalau saja Rothmans tdk memakai tembakau yg rusak pasti tidak akan mengganggu kelembutan suara saya…
• Maaf, acara favorit yg biasanya anda nikmati harus digantikan dgn acara yg membosankan tp menurut manajer siaran, layak menggantikan acara ini…
Mengatasi Keadaan Krisis
• CONTOH KEADAAN KRISIS
• Kualitas siaran kurang bagus
• Pemutaran ulang rekaman
• Materi siaran terlambat
• Batuk yang tiba2 menyerang
• Acara yg digantikan oleh satu acara penting / istimewa
• SEBAIKNYA KATAKAN
• Kami menyesal bahwa kualitas siaran kami terganggu sehingga harus mengakhiri sementara program ini, kami akan kembali untuk anda
• Kami harus minta maaf atas gangguan acara kami dan kami akan mengulang untuk anda sesaat lagi..
• Kami yakin anda masih bersabar menantikan program kami….. Nah, untuk itu kami hadiahkan sajian musik manis berikut ini………..
• Maaf..atas batuk yang tiba2 sepertinya ini sinyal agar kita lebih berhati-hati menjaga kesehatan di musim transisi ini…..
• Maaf, acara favorit anda hari ini tidak dpt anda nikmati, karena ada event istimewa yg sayang kalau anda lewatkan…kami masih hadir lagi besok……………..
INGAT : JANGAN JADI PENYIAR YG BIASA2 SAJA……………………
Tetaplah jadi penyiar yg ramah dalam kondisi apapun, tolak secara halus permintaan lagu yang tidak tersedia
Wawancara yg baik & menarik :
• Mempunyai tujuan yang jelas merupakan hasilpenelitian dan sudah disiapkan dengan baik.
• Berkembang secara logis tp tidak kaku agar alur wawancara mudah diikuti
• Melibatkan khalayak, jaga pikiran mereka, mungkin khalayak umum atau khusus atau minoritas, yg jelas mrpkn topik bagi khalayak
• Tidak berpihak / adil, jangan mengekspresikan pendapat pribadi dlm wawancara
• Mengendalikan pengawasan, jika orang yg diwawancarai bicara cepat, lambatkan tanggapan anda, tapi jika terlalu lambat, cobalah merangsangnya. Jangan di bawah pengaruh orang yang diwawancarai.
BERITA RADIO
Apakah BERITA itu ?
“ Suatu informasi yang baru (new), yang mengandung makna penting (significant), yang ada pengaruhnya terhadap siapapun yang mendengarnya dan menarik bagi si pendengar “
Contoh : kecelakaan, konflik, kerumunan, olahraga, proyek baru, tindakan pemerintah, alam, orang-orang (opini,komentar, kontroversi, ahli-ahli, dll.
Lima asas untuk berita radio
• It’s spoken (diucapkan )
• It’s immediate (sekarang, langsung)
• It’s person to person (antar orang)
• It’s heard only once (terdengar hanya satu kali).
• It’s sound only (hanya bunyi)
Contoh :
• BUKAN BERITA RADIO :
“ Indonesia dan Australia sepakat untuk sama2 mengembangkan dan meningkatkan hubungan timbal-balik kedua negara, yang memungkinkan Australia ikut ambil bagian secara lebih aktif dalam pembangunan kembali kawasan timur Indonesia.”
• BERITA RADIO :
“ Indonesia dan Australia sepakat mengembangkan hubungan timbal balik kedua negara. Hal itu akan meningkatkan peran Australia untuk ikut membangun kawasan timur Indonesia.”
Dimana mendapatkan berita ?
• Sumber2 berita tetap : rumah sakit, polisi, depart pemerintahan, pemimpin2 nasional, kegiatan2 lokal.
• Hubungan pribadi
• Pengarang2 yang ditunjuk, pemberi informasi & nasehat.
• Perhatian publik, iklan, pajak pendapatan
• Acara siaran lain : sisipan wawancara
• Surat kabar lokal, majalah lokal, nasional atau internasional
• Buletin berita
• Telinga dan mata anda sendiri yang akrab dengan kejadian2 di jalan.
PENYAJIAN BERITA RADIO
LAPORAN SUARA : suara reporter dengan cerita beritanya, latar belakang, saksi mata. Semua fakta disajikan dengan suara indah dengan gaya yang renyah.
LAPORAN DGN ILUSTRASI : sisipan suara kejadian, laporan yg baru direkam, insert suara pernyataan, kejadian-2, dll.
WAWANCARA BERITA : reporter yang mewawancarai mendapatkan fakta melalui siaran wawancara singkat.
AKTUALITAS : ringkasan pidato disisipkan sbg bagian berita. Bisa juga berupa suara keributan yang dapat menambah perhatian suara tapi juga bisa mengganggu.
PELAPORAN JARAK JAUH : siaran luar, langsung atau rekaman, mis. Suara pertandingan olah raga yg pakai komentar.
PENDAPAT KHALAYAK : aneka ragam pendapat masyarakat dalam satu kalimat tentang issu (vox pop).
Terima kasih…..
Jika anda mengikuti semua energi anda dan mengerjakan apa yang anda inginkan di sepanjang waktu, tak akan ada lagi perbedaan antara kerja dan bermain.

TEHNIK siaran – broadcasting & reporting
By. Tanti Irwanti. S

( Shakti Gawain )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...