Mencari Telur yang Segar

Mencari Telur yang Segar
Telur adalah bahan makanan yang baik bagi perkembangan tubuh manusia. Kandungan proteinnya yang tinggi – menurut FAO, protein dalam telur memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan jenis makan yang lain – berikut vitamin dan mineral yang ada di dalamnya seperti vitamin A, B6 dan B12 menjadi dasar yang cukup kuat mengapa telur penting bagi kesehatan.

Agar semua manfaat tadi bjsa dinikmati dengan maksimal, memilih telur yang segar sangatlah dianjurkan. Namun ternyata memilih telur segar bukanlah perkara mudah, karena hal ini tidak bisa dinilai hanya dengan melihat permukaan kulitnya saja.

Telur yang paling segar adalah telur yang saat dimasukkan ke dalam air tidak akan mengambang di permukaan air dan akan mengambil posisi horizontal. Hal ini terjadi karena belum ada ruang udara di dalam telur, atau dengan kata lain telur benar-benar padat.

Berbeda halnya dengan telur yang berusia satu minggu. Posisi bagian bawah (yang lebih lebar) telur ini akan berada sedikit condong ke atas saat dimasukkan ke dalam air. Hal ini terjadi karena ruang udara yang ada di dalam telur (bagian bawah) akan semakin membesar sehingga otomatis memosisikan telur dalam keadaan nyaris vertikal.

Pada usia ini kulit telur akan lebih mudah terkelupas jika ia direbus dalam waktu yang cukup lama dibandingkan telur yang masih baru.

Lebih dari satu minggu, ruang udara dalam telur akan semakin membesar hingga membuat posisi telur benar-benar vertikal saat dimasukkan ke dalam air. Kalau telur ini direbus dan dikupas akan terlihat bagaimana bagian bawahnya tidak lagi berbentuk oval melainkan datar. Bagi Anda yang menginginkan kesempurnaan bentuk untuk menghias hidangan, telur ini tentu tidak dapat digunakan.

Pada minggu keempat telur akan mengapung di permukaan air dan pastinya kesegaran telur sangat berkurang atau hilang sama sekali. Tak heran jika ada beberapa orang yang tidak mau mengonsumsi telur ini. Selamat mencoba dan selamat bersantap.

Sumber: http://www.depkes.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...